Untuk artikel kali ini saya akan membahas tentang onde – onde. Siapa sih yang belum pernah makan onde – onde, saya kira pasti semua orang pernah ya merasakannya.

Sedikit cerita tentang onde – onde di Indonesia, belum ada sumber yang mengetahui kapan onde – onde tersebut diperkenalkan di Indonesia. Namun secara pastinya, onde – onde sendiri sudah menjadi makanan tradisional khas Indonesia.

Salah satu variannya adalah onde – onde ketawa. Onde Onde ketawa bukan berarti makanannya bisa tertawa lho yaa. Namun dinamakan “ketawa” karena bentuknya yang merekah dan mirip seperti orang ketawa.

Bedanya dengan onde – onde biasa, kue goreng ini pecah merekah serta bertekstur kering dan renyah tetapi empuk. Bahannya kali ini terbuat dari tepung terigu dan sama-sama bertabur gurihnya wijen di permukaannya serta tidak memiliki isi sehingga cukup mudah dalam cara membuatnya.

1. Resep Onde – Onde Ketawa Renyah Empuk

Berikut ada resep onde – onde ketawa yang hasilnaya renyah dan empuk, cemilan ini bisa anda sajikan dengan teh hangat ataupun kopi. Langsung saja saya bagikan resep dan cara pembuatannya.

Bahan-Bahan Onde Onde Ketawa Renyah Empuk :

  • 175 gram tepung terigu
  • 85 gram gula halus ( atau gula pasir diblender )
  • 12 gram margarin
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1 butir telur
  • 1 sendok makan air
  • 1/4 sendok teh garam
  • Minyak goreng
  • Air dingin secukupnya ( digunakan untuk pencelup agar wijen melekat tidak mudah lepas )
  • 50 gram wijen

Cara Membuat Onde Onde Ketawa :

  1. Campurkan tepung terigu dan baking powder kemudian ayak dengan saringan, lalu sisihkan.
  2. Campurkan margarin dan gula halus, kocok menggunakan mixer sampai lembut dan warnanya agak putih. Masukkan telur, 1 sendok makan air dan garam. Jika sudah rata, masukkan tepung yang sudah diayak tadi lalu uleni sampai rata dan kalis atau sampai adonan bisa dibentuk.
  3. Bentuk adonan menjadi bulat untuk ukuran bisa sesuai selera, kemudian celupkan ke air dingin lalu gulingkan ke wijen sampai rata.
  4. Kerat atau belah dengan menggunakan pisau secara menyilang setengah bagian agar saat digoreng hasilnya bisa menjadi mekar. Goreng adonan dalam minyak panas yang banyak di atas api sedang sampai onde – onde mekar kecoklatan.

2. Resep Onde – Onde Ketawa Tanpa Mixer

Untuk Anda yang sedang mencari resep masak sederhana setiap hari tentang resep onde – onde ketawa tanpa mixer. Menu onde – onde ketawa tanpa mixer adalah resep makanan yang lezat dan mudah untuk dipraktekkan.

Karena resepnya sederhana, anda dapat membacanya sambil dipraktekkan. Semoga ide resep onde onde ketawa tanpa mixer berguna untuk anda sebagai panduan untuk menyajikan menu masakan untuk keluarga tersayang di rumah. Baiklah, silakan menyimak resepnya berikut ini.

Bahan-Bahan Untuk Onde Ketawa Tanpa Mixer :

  • 220 gram tepung terigu
  • 6 sendok makan gula
  • 2 sendok makan mentega
  • 1 butir telur ayam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/2 sendok teh soda kue
  • Wijen secukupnya
  • Garam secukupnya
  • Minyak goreng

Cara Membuat Onde – Onde Ketawa Tanpa Mixer :

  1. Campurkan telur, gula dan mentega, kocok dengan ballon whisk hingga gulanya halus.
  2. Masukan terigu, baking powder, dan soda kue kedalam campuran basah sambil diayak.
  3. Uleni adonan sampai kalis, jika adonan agak lembek simpan dulu, biasanya nanti akan mengeras.
  4. Selanjutnya bentuk adonan bulat2 dengan ukuran 1 sendok teh.
  5. Celupkan kedalam air matang kemudian masukan ke dalam baskom yang telah diisi wijen.
  6. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, kemudian goreng sampai semua terendam minyak menggunakan api kecil saja, jangan lupa sambil di bolak – balik agar matangnya merata

Demikianlah ulasan resep masak tentang Resep Onde Onde Ketawa Tanpa Mixer. Semoga bermanfaat bagi Bunda dirumah dalam menghidangkan masakan lezat untuk keluarga tercinta.

3. Onde Onde Ketawa Keju

Camilan ini mudah dibuat. Rasanya beda banget dengan onde-onde biasa. Bentuknya merekah, rasanya lebih renyah dan gurih banget karena memakai campuran keju. Bahannya murah dan mudah lho. Yuk, cobain! Berikut resepnya saya bagikan untuk anda.

Bahan :

  • 100 ml air
  • 175 g gula pasir
  • 1 butir telur ayam
  • 2 sdm minyak sayur
  • 100 g keju cheddar,parut
  • 100 g wijen
  • Minyak goreng

Ayak dan campur menjadi satu :

  • 300 g tepung terigu protein sedang
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh soda kue

Cara membuatnya sebagai berikut :

  1. Didihkan air dan gula sampai larut, setelah itu biarkan dulu sampai dingin.
  2. Kemudian kocok telur dan minyak sampai rata, lalu masukkan sirup gula sedikit demi sedikit sambil di kocok sampai rata.
  3. Jika sudah rata, tambahkan campuran terigu, aduk lagi sampai rata.
  4. Kemudian tambahkan keju, dan aduk kembali sampai tercampur rata.
  5. Jika adonan sudah kalis dan tidak lengket, selanjutnya bentuk adonan menjadi bulatan – bulatan sebesar bakso.
  6. Lalu celupkan ke air, kemudian gulingkan ke wijen sampai semua permukaannya terbalut rata.
  7. Selanjutnya siapkan penggorengan, panaskan minyak goreng, goreng onde-onde sampai merekah dan matang. Jaga apinya, jangan sampai terlalu besar karena akan cepat gosong.
  8. Siapkan piring saji dan onde – onde ketawa siap untuk disajikan.

4. Resep Onde-Onde Ketawa Anti Gagal

Saya akan bagikan resep onde – onde ketawa yang anti gagal lho. Pas banget nih buat yang doyan nyemil onde – onde tapi tidak bisa bikinnya. Yuk langsung aja cobain resep dari saya ini, pasti deh bakalan maknyus rasanya. Yaudah langsung aja simak resepnya berikut ini.

Bahan untuk membuat onde – onde ketawa anti gagal :

  • 125 ml air
  • 185 gram gula pasir
  • 1 butir telur
  • 400 gram tepung terigu
  • 1 sendok teh baking powder
  • 75 gram wijen putih untuk pelapis
  • 50 gram wijen hitam untuk pelapis
  • 100 ml air untuk pencelup
  • 500 gram minyak goreng

Cara Membuat Onde Onde Ketawa anti gagal adalah sebagai berikut :

  1. Langkah pertama didihkan air, dan tambahkan gula pasir. Masak sampai gula larut dan menjadi sirup. Setelah itu biarkan sebentar sampai dingin.
  2. Kemudian kocok telur dan minyak goreng hingga rata. Selanjutnya masukkan sirup gula sedikit demi sedikit sambil dikocok rata.
  3. Lalu tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak dan diaduk sampai rata.
  4. Timbang adonan masing-masing 15 gram. Lalu bentuk bulat – bulat, kemudian celupkan ke dalam air. Setelah itu gulingkan pada wijen.
  5. Siapkan penggorengan, panaskan minyak kemudian goreng adonan dalam minyak yang sudah dipanaskan di atas api sedang sambil diaduk-aduk agar matang merata dan tidak gosong. Kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan piring saji, dan onde – onde ketawa siap untuk disajikan.

5. Onde – Onde Ketawa Untuk di Jual

Lumayan lho kalau bisa bikin cemilan untuk dijual, kan bisa buat nambahin kue lebaran dan nambahin uang belanja juga. Si onde – onde ketawa ini kan banyak yang suka, jadi berpeluang buat ajang jualan. Simak ya resepnya berikut ini.

Bahannya sebagai berikut :

  • 500 gram tepung terigu
  • 4 butir telur
  • 2 gelas belimbing gula pasir
  • 8 sendok makan minyak
  • 8 sendok makan margarin cair ( atau boleh dilebihkan )
  • 4 sendok makan air putih
  • 1 sendok teh baking powder
  • 2 sendok makan susu kental manis
  • Wijen secukupnya

Cara Membuat Onde Ketawa :

  1. Pertama mixer gula dan telur sampai putih.
  2. Lalu masukkan margarin, air, susu kental manis dan minyak, aduk sampai semuanya rata.
  3. Selanjutnya masukkan terigu dan baking powder yang sudah diayak ( aduk sampai rata pakai tangan jangan pakai pakai mixer ).
  4. Jika adonan sudah kalis, selanjutnya bentuk adonan bulat – bulat sebesar kelereng atau sesuai selera.
  5. Masukkan kedalam wijen yang sudah dicuci dan masih basah agar wijen menempel ke adonan.
  6. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, kemudian goreng dengan api kecil agar onde – onde merekah seperti ketawa. Kemudian angkat dan tiriskan.
  7. Siapkan piring saji, dan onde – onde ketawa siap untuk disajikan.

6. Resep Onde Onde Ketawa Takaran Sendok

Kali ini ada resep onde – 0nde ketawa takaran sendok yang sangat mudah untuk dipraktekkan sendiri dirumah. Jadi Anda dapat membaca step by step nya sambil langsung dipraktekkan. Baiklah langsung saja simak resep dan cara pembuatannya berikut ini.

Bahan-bahan untuk onde-onde ketawa takaran sendok :

  • Minyak goreng

Bahan Basah :

  • 1 butir telur
  • 50 ml air
  • 6 sdm gula pasir
  • 2 sdm minyak goreng

Bahan Kering :

  • 25 sendok makan munjung terigu
  • 1/4 sendok teh garam
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 1/4 sendok teh soda kue / baking soda

Bahan Celup :

  • Air
  • Biji wijen secukupnya

Cara Membuat Onde-Onde Ketawa takaran sendok :

  1. Mula – mula masak air dan gula dalam panci sampai gulanya larut (gunakan api kecil saja sambil terus diaduk). Setelah itu dinginkan dulu.
  2. Selanjutnya campur semua bahan basah (termasuk larutan gula). Aduk – aduk sampai rata ya.
  3. Kemudian campur semua bahan kering (diayak jika perlu).
  4. Buat lubang ditengah bahan kering. Lalu tuangkan bahan basah sedikit demi sedikit secara bertahap. Kemudian aduk sampai kalis tapi tetap lemas jangan sampai  kering ( adonannya hanya sedikit saja lengket ditangan, jangan terlalu lengket )
  5. Selanjutnya ambil adonan secukupnya sesuai selera dan buat bulatan – bulatan. Kemudian celup dalam air. Lalu  gulingkan adonan diatas wijen dengan sedikit ditekan dan dikibaskan agar sisa wijen jatuh.
  6. Panaskan api, gunakan api sedang saja. Setelah minyak sudah panas, masukkan bola onde-onde dan kecilkan api. Jangan lupa dibolak – balik agar matangnya merata.
  7. Jika sudah mulai matang, selanjutnya angkat dan tiriskan.
  8. Siapkan piring saji, dan onde – onde ketawa takaran sendok siap untuk disajikan.

7. Onde – Onde Ketawa ala NCC

Klethikan yang satu ini bikinnya gampang, rasanya enak, dan bentuknya lucu. Baru lihat bentuknya saja sudah seneng. Onde-onde ketawa memang bikin ketawa. Intip resep dan cara bikinnya yuk…

Bahannya sebagai berikut :

  • 500 gram  tepung terigu protein rendah
  • 1 sendok teh  baking Powder Double Acting ( BPDA )
  • 150 gram  gula pasir
  • 50 gram  margarine
  • 1 sendok teh vanilli
  • 4 butir telur

Bahan lain :

  • 500 ml air
  • 100 gram wijen putih
  • 1 liter minyak goreng

Cara pembuatan :

  1. Pertama – tama campur tepung terigu dan baking powder, lalu aduk sampai rata. Kemudian sisihkan dulu.
  2. Selanjutnya kocok mentega dan gula pasir sampai lembut, masukkan telur satu persatu sambil tetap dikocok sampai mengembang. Kemudian matikan mikser.
  3. 3. Lalu tuang terigu kedalam adonan telur, aduk rata dan uleni perlahan sampai adonan bisa dipulung.
  4. 4. Kemudian bentuk bulat seperti bola ping-pong, lalu celupkan kedalam air sebentar dan langsung gulingkan pada wijen putih.
  5. Siapkan penggorengan, panaskan minyak, kemudian goreng dalam wajan dengan minyak banyak dan api sedang sampai mekar dan berwarna kuning kecoklatan. Kemudian angkat dan tiriskan.
  6. Siapkan piring saji dan onde – onde ketawa siap untuk disajikan.

8. Onde – Onde Ketawa Mini

Yang terakhir ini ada reesep onde – onde ketawa mini lho. Akan lebih praktis kan kalo mau dibawa buat bekal bepergian. Cocok juga nih buat cemilan pas lagi nonton, udah bikinnya gampang, praktis pula. Tunggu apa lagi…Yuk langsung aja coba bikin sendiri.

Bahan – bahannya :

  • 100 gram wijen
  • 300 gram tepung terigu
  • 1/2 sendok teh baking powder
  • 175 gram gula pasir
  • 100 ml air
  • 2 sdm minyak goreng
  • 1/4 sendok teh soda kue
  • 1 butir telur

Cara Membuatnya :

  1. Pertama cairkan gula pasir menjadi air gula. Caranya dengan merebus gula pasir dan air. Lalu aduk-aduk sampai gula menjadi larut.
  2. Kemudian tuangkan 200 ml gula cair ke dalam wadah bersih dan dinginkan sebentar.
  3. Lalu campurkan tepung terigu, soda kue, dan baking powder menjadi satu, kemudian ayak dan sisihkan dulu.
  4. Selanjutnya kocok telur dan minyak goreng dalam satu wadah bersih sampai rata.
  5. Masukkan air gula sedikit demi sedikit sambil dikocok adonannya sampai rata.
  6. Lalu matikan mixer.
  7. Kemudian tambahkan campuran tepung yang sudah diayak tadi, sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Lalu aduk sampai merata.
  8. Selanjutnya bentuk bulatan seperti bola dari adonan atau bisa dibentuk selain bola sesuai selera anda.
  9. Jika sudah selesai dibentuk, celupkan sebentar ke dalam air, lalu gulingkan pada wijen. Lakukan berulang kali hingga adonan habis.
  10. Panaskan minyak terlebih dahulu, kemudian goreng adonan onde – onde menggunakan api sedang.
  11. Masak sampai mekar dan berwarna kuning keemasan, kemudian angkat dan tiriskan.
  12. Siapkan piring saji dan onde – onde ketawa siap untuk disajikan.

Sekian dulu untuk resep membuat onde – onde ketawa dari saya. Silahkan dicoba sendiri dirumah, bahannya mudah sekali kan dicari di toko – toko terdekat. Selamat mencoba dan semoga berhasil…

Tips Membuat Onde – Onde Ketawa Biarbisa Ketawa Ngakak

Untuk selanjutnya saya juga ada tips – tips dalam membuat onde – onde ketawa nih. Membuat onde – onde ketawa memang terlihat mudah ya, tapi juga perlu trik khusus lho.. Faktor renyah pun jadi sumber kelezatan cemilan satu ini. Penasaran gimana buatnya? Cek tips – tips berikut ini!

  1. Pastikan baking powder yang digunakan tidak kadaluarsa dan masih bisa berfungsi dengan baik. Dan supaya tekstur onde – onde tidak alot, pakailah baking powder yang double acting. Dijamin, baking powder masih tetap aktif meski adonan onde – ondenya tidak langsung digoreng. Jika anda menggunakan baking powder biasa atau baking soda, anda perlu membuat adonan onde – onde dengan cepat dan harus langsung digoreng.
  2. Campur semua bahan ( terigu, baking powder, margarin, gula, dan telur ) sampai benar – benar merata. Lakukan proses pengulenan sampai adonan benar-benar kalis dan bisa dipulung. Jika adonan masih terlalu lembek, sebaiknya jangan ditambahi tepung, akan tetapi diamkan saja beberapa saat. Atau jika terlihat retak-retak karena terlalu banyak tepung, tambahkan saja sedikit air agar lebih mulus. Konsistensi adonan yang tepat adalah kunci onde-onde bisa ketawa ngakak.
  3. Agar onde-onde bisa ketawa ngakak, gunting sedikit di permukaan atas adonan bulat dengan bentuk X. Setelah itu, adonan bisa langsung digoreng sampai matang. Apabila tidak digunting, adonan tetap bisa ketawa tapi jatuhnya seperti “senyum” tidak ngakak terbuka.
  4. Adonan onde – onde perlu digoreng dalam minyak yang tidak terlalu panas atau gunakan api sedang saja, karena saat adonannya mulai masuk, kulit onde akan cepat menjadi kecoklatan. Oleh karena itu, gunakan api kecil sedang agar si onde – 0nde tidak cepat gosong. Aduk sesekali dan perlahan agar semua sisinya matang sempurna. Ingat ya, jangan terlalu sering diaduk agar biji wijen tidak banyak yang lepas.
  5. Untuk membuat onde-onde ketawa yang pecah merekah itu caranya dibelah atau dikerat saat adonan belum digoreng, semakin besar keratannya maka pecah ketawanya bisa semakin lebar mengembang.
  6. Jika anda tidak menggunakan mixer, sebaiknya kocok adonan pakai whisk. Jangan pakai sendok atau garpu, karena akan kurang bagus hasilnya sebab adonannya tidak akan mengembang.
  7. Jangan menggoreng onde-onde terlalu banyak dalam minyak, secukupnya saja agar adonannya tidak saling menempel, apabila minyak terlalu panas setelah penggorengan pertama, sebaiknya matikan dulu apinya, dan baru nyalakan lagi kalo suhu sudah turun.

Sekian  resep onde – onde ketawa dan beberapa tips dari saya. Semoga bermanfaat dan selamat mencobanya dirumah. Jangan lupa simak terus resep – resep selanjutnya yaaa.

Jangan lupa untuk membagikan 8 Cara Dan Tips Simple Membuat Onde – Onde Ketawa kepada teman, saudara serta kerabat anda. Dan tulis dikolom komentar menu masakan apa yang anda innginkan untuk saya bagikan selanjutnya.

Cantika

Author : Cantika

Hutomo Sungkar

About the Author

I want Really Share My Huge Traffic With My Custom Secret Source. This Article has been written for information purposes only. Every effort has been made to make this eBook as complete and accurate as possible. However, there may be mistakes in typography or content. Also, this article provides information only up to the publishing date. Therefore, this article should be used as a guide - not as the ultimate source.

Leave a Reply